Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

tugas kedua compiere

Sebelum mengerjakan tugas ini kita harus tau apa itu ERP dan compiere itu sendiri. ERP (Enterprice Resource Management) adalah suatu software atau sistem informasi yang dibuat atau di gunakan pada perusahaan baik perusahaan jasa ataupun perusahaan pabrik (manufaktur), dimana ERP berfungsi sebagai alat untuk menggabungkan / mengintetgrasikan semua proses bisnis perusahaan baik dibidang produksi, penjualan dan operasi di suatu perusahaan tersebut.Ada beberapa contoh software ERP yaitu SAP, JDE Compiere, Adempiere dan lain-lain.
Sedangkan sendiri compiere merupakan sebuah software ERP (Enterprise Resource Planning), software ini menggunakan Java J2EE dan dapat di jalankan di berbagai platform.compiere untuk saat ini adalah salah satu software ERP yang paling popular.Compiere miliki kelebihan   yaitu implementasi cepat, terintergrasi, aman dari kegagalan dan lain-lain.dibawah ini adalah program compiere dengan cara menginstal program tersebut sebelum  menginstal program tersebut kita harus mendownload terlebih dahulu kemudian membuat database terlebih dahulu kemudian dilanjutkan dengan menginstal SDK lalu kita harus mengekstrak file compiere kemudian dilanjutkan dengan mengatur database yang telah dibuat tadi,lalu mensetup klien kemudian kita memulai setup klien dengan nama user dan password. Dibawah ini bisa kita liat adalah gambaran program software:
dari gambar diatas ini terdapat tools-tools compiere yaitu: 
- Ignore : tidak menyimpan data yang baru saja diinput.
- Help : menampilkan window help.
- New Record : untuk membuat atau memulai record baru.
- Delete : Menghapus data yang sudah di input.
- Save : menyimpan data yg diinput untuk disimpan dalam database.
- Refresh : Menampilkan data yang baru diinput sehingga data yg lama tidak tampil dalam         window.
- Find : mencari data yang dapat meliputi pencarian customer, vendor , client dan lainnya.
- Attachment : digunakan untuk pengiriman database ke user yang meminta pengiriman melalui web.
- Data Grid : Menampilkan seluruh database yang berupa tabel.
- History : tampilan kalender yang menentukan tanggal dibuatnya database dalam compiere dan menampilkan seluruh data berdasarkan tanggal.
 
Dan dari gambar diatas ini juga terdapat menu-menu compiere yaitu:
Menu Business Partner
Business Partner adalah suatu entity(badan/pihak) yang melakukan bisnis   dengan perusahaan. Ada tiga jenis Business Partner yang berbeda : Vendor (Pemasok), Customer (Pelanggan) Dan Employee (Karyawan). Konsep Business Partner Compiere jauh lebih fleksibel dibanding kebanyakan aplikasi, karena suatu Business Partner bisa merupakan suatu Vendor, suatu Customer, suatu Employee atau kombinasi ke tiganya. Pendekatan ini juga memudahkan kendali akses untuk fungionalitas “self-service’ dan mengijinkan analisa regional dan optimisasi pengiriman.
 
-         Menu Sales Order
Sales order merupakan modul untuk mengelola penjualan dari suatu pemesanan. Sales order dikatakan memenuhi yaitu jika k\jumlah pesanan = jumlah yang dikirimkan dan juga jumlah faktur.
 
-        Partnet Relation Management
Menghubungkan beberapa client dimana masing-masing client melakukan distribusi management dan request data.
 
-         Material Management
Membuat customer shipment dalam tumpukan atau individu per order dan membandingkan dengan Puchase order atau vendor invoice.
 
-         Performance Analysis
Menjelaskan tentang pembayaran dan dimensi Akuntasi dalam suatu aplikasi, dalam sistem tradisional dikenal dengan Neraca dan Jurnal umum yang terhubung dengan pemasukkan data akuntansi dalam compiere.
 
 
 
 Referensi:
azhira16.blogspot.com/2010/11/compiere.html

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar